Thursday, November 23, 2017
Home > Bola > SEJARAH BERDIRINYA STADION SANTIAGO BERNABEU

SEJARAH BERDIRINYA STADION SANTIAGO BERNABEU

APA MOMEN BERSEJARAH HARI INI?

Agen Sbobet – SEJARAH BERDIRINYA STADION SANTIAGO BERNABEU . Santiago Bernabeu resmi menggelar laga perdana Real Madrid pada 14 Desember 1947 silam, yang pada perjalanannya menjadi markas kebesaran klub asal ibu kota Spanyol tersebut hingga saat ini.

INI MOMEN PENTING KARENA…Stadion bernama Nuevo Estadio Chamartín pada mulanya tersebut mengawali kisah romantisme kesuksesan bersama pasukan Los Blancos dengan menggelar laga uji coba melawan klub Portugal, Os Beleneses.

Awalnya, stadion yang memiliki alamat lengkap di Av. de Concha Espina 1, 28036 Madrid tersebut dibangun dengan kapasitas untuk menampung 75,145 penonton, dengan 27,645 kursi dan 47,500 untuk tribun berdiri.

Mantan penyerang Madrid, Sabino Barinaga mencatatkan namanya di buku sejarah klub dengan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Bernabeu, dalam laga uji coba melawan Beleneses yang berakhir dengan kemenangan 3-1 bagi Los Merengues.

Perubahan nama menjadi Santiago Bernabeu baru terjadi pada 4 Januari 1955 silam, kala itu majelis anggota klub memutuskan untuk mengganti nama stadion dengan nama presiden klub yang tengah aktif menjabat dalam rangka dalam rangka pernghotmatan khusus.

Tiga arsitek ditunjuk secara khusus untuk merancang desain stadion yang menjadi ikon kebanggan klub yakni Manuel Ronaldo, Manuel Munoz Monasterio dan Luis Alemany Soler. Dalam perjalanannya hingga era modern, Bernabeu tercatat pernah empat kali mengalami perluasan (1953, 1992, 1994, 2011).

Sementara demi mengikuti perkembangan zaman, Bernabeu juga telah dua kali melalui periode renovasi keseluruhan, tepatnya pada tahun 1982 dan 2001 lalu hingga kini memiliki kapasitas 85,454 kursi. Saat ini, permukaan lapangan utama Madrid tersebut menggunakan rumput dengan Mixto Hybrid Grass Technology.

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Sebagai markas kebesaran, Bernabeu sejak awal berdiri kerap menjadi saksi bisu kebesaran Madrid di berbagai kompetisi. Dari total 32 koleksi gelar La Liga Spanyol, tercatat 30 di antaranya dirayakan di sana, di samping juga berpesta 11 kali saat meraih titel Liga Champions.

Selain di level klub, stadiun ini juga pernah dipakai untuk menggelar sejumlah turnamen internasional. Timnas Spanyol pun mendapat berkah saat tuah Bernabeu kala mampu menjadi juara Piala Eropa tahun 1964 silam. Lebih besar lagi , Bernabeu juga menggelar laga-laga Piala Dunia 1982 yang dimenangkan oleh Italia.

Ke depan, Florentino Perez sebagai presiden Madrid saat ini bakal melakukan perubahan terbaru pada stadion. Salah satunya diketahui pada 13 Oktober 2013 lalu dengan mengumumkan akan menjual hak nama stadiun kepada para peminat demi meningkatkan pemasukan klub.

Tak hanya itu saja, Perez juga telah berniat untuk mencari sponsor yang berani menggelontorkan dana sebesar €400 juta guna mengubah desain stadion untuk kali ketiga dalam sejarah. Rencana kali ini, sang presiden menginginkan agar tambahan atap yang bisa dibuka dan ditutup setiap saat, yang bakal menjadikan Bernabeu sebagai stadion terbaik di dunia.

Penampilan Real Madrid sepanjang musim ini terbilang luar biasa. Mereka jadi pemuncak klasemen sementara La Liga Spanyol, lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan Copa del Rey.

disamping itu tim asuhan Zinedine Zidane ini juga punya rekor tak terkalahkan di 35 pertandingan terakhirnya ini. Catatan terbaik dalam sejarah klub.

Kapten Madrid, Sergio Ramos, juga mengungkapkan alasan di balik performa brilian Los Galaticos ini.

“Kami punya perpaduan yang cantik antara pemain veteran serta muda. Kami menjalani segala hal dengan benar,” ungkap Ramos, seperti dikutip Marca.

“Susunan hebat didalam tim ini juga selalu dipertahankan. Yang ada tingkat yang lebih besar dari pemahaman di lapangan, yang menanggung kesejahteraan unit tim ini,” ujarnya.

Madrid sekarang sedang berada di Jepang, untuk lakoni Piala Dunia Antarklub seturut statusnya sebagai pemenang Liga Champions musim lalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *