Tuesday, December 12, 2017
Home > Bola > Van Basten Ingin Mengubah Beberapa Aturan Dasar Sepak Bola

Van Basten Ingin Mengubah Beberapa Aturan Dasar Sepak Bola

AGEN SBOBET – Direktur Teknik FIFA, Marco van Basten, diprotes oleh dunia karena rencananya mencoba untuk mengubah dasar elemen permainan sepak bola. Tetapi, Van Basten didukung oleh Ajax.

Pelatih Ajax Amsterdam, Peter Bosz, baru-baru ini berkomentar mengenai rencana Van Basten menghapus babak adu penalti dengan shoot-out, perlawanan satu lawan satu antara pemain kontra kiper.“Marco menelepon saya dan berdiskusi demi menyatakan keinginan melihat kami melakukan latihan (shoot-out),” kata Bosz pada 20 Januari 2017.

“Dan saya menjawab, iya,” begitu ujar sang pelatih.

Pada Rabu 25 Januari 2017, Ajax tampak untuk pertama kali melakukan latihan shoot-out. Tetapi, tidak diketahui apakah Van Basten melihat sesi latihan di Kompleks De Toekomst, Amsterdam itu.

Di latihan itu, tampaknya kapten Davy Klaassen serta penyerang remaja Justin Kluivert berhasil menaklukkan kiper. Tetapi, gelandang berteknik istimewa Hakim Ziyech tidak berhasil mengeksekusi bola.

Pada duel satu lawan satu melawan sang kiper, ketika sang wasit meniup pluit seorang pemain harus langsung menggiring bola dari jarak 25 meter dari gawang.

Pemain hanya mendapat waktu delapan detik agar berkesempatan memasukkan bola ke gawang. Dan sang kiper tak boleh keluar dari kotak penalti.

Van Basten ingin menjalankan sistem itu di Piala Dunia 2026, ketika fase grup saat pertandingan berakhir imbang selama 90 menit.

Mantan striker tim nasional Belanda, Ajax, serta AC Milan itu pun ingin menghapus offside serta membatasi jumlah pelanggaran pemain.

“Sepak bola akan lebih berwarna. Para penyerang mendapatkan lebih banyak kesempatan dan tentu saja akan ada lebih banyak gol yang tercipta. Di hoki lapangan, offside dihilangkan serta tidak ada masalah,” kata Van Basten kepada Bild.

Mayoritas kalangan pun tidak menyetujui rencana Van Basten.

“Benar-benar merupakan omong kosong,” ucap mantan gelandang Manchester United serta Leeds United, John Gilles.

“Sepak bola yang kita cintai ini tidak membutuhkan pergantian peraturan,” ucap Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp.

Meskipun banyak pihak yang tidak setuju, Direktur Teknik FIFA Marco Van Basten tengah memikirkan sejumlah perubahan aturan di dunia permainan sepak bola, termasuk yang kita bahas tadi yaitu penghapusan penalti dan offside.

Gagasan menghilangkan penalti dicetuskan Van Basten demi menciptakan permainan sepak bola agar lebih menarik dan menghemat kekuatan pemain.

Karena, dia melihat besarnya lucky chance atau banyak faktor keberuntungan saat pertandingan ditentukan lewat babak tambahan waktu serta adu penalti.

Jadi, Van Basten menginstropeksikan agar fase tersebut digantikan melalui cara yang lebih seru seperti hoki es.

“Mungkin, melalui jarak 25 meter di depan gawang, Pemain harus menggiring bola atau pun menembak. Gol wajib tercipta dalam waktu delapan detik. Cara ini lebih efektif menurutnya dan menuntut kemampuan daripada mengandalkan faktor keberuntungan,” ucap pria asal Belanda itu.

Lebih lanjut lagi Van Basten juga ingin memperbesar daya tarik sepak bola melalui kuantitas gol. Menurutnya, kans membobol jala lawan kini berkurang sebab strategi bertahan sejumlah tim.

Untuk merangsang dan mengoptimalkan tim tampil dengan ganas, dia pun ingin menghilangkan aturan offside.

“Sepak bola saat ini bisa dibilang mirip dengan bola tangan. Ada sembilan ataupun sepuluh pemain bertahan di lini depan gawang. Tanpa peraturan offside, presentase mencetak gol dapat lebih besar,” katanya.

Masih ada ide perubahan lain yang tengah disempurnakan oleh Van Basten, salah satu di antaranya yaitu penghapusan kartu kuning dan merah, pergantian pemain lebih maksimal, dan pembatasan jumlah laga bagi setiap pemain.

SALAM – AL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *