Wednesday, December 13, 2017
Home > MotoGP > Hukuman Yang Di Dapatkan Penalti Buat Valentino Rossi

Hukuman Yang Di Dapatkan Penalti Buat Valentino Rossi

Agen Sbobet – Direktur balap MotoGP Mike Webb memberikan penjelasan mengenai hukuman penalti 0,3 detik yang diberikan kepada Valentino Rossi pada balapan seri ketiga di Circuit of the Americas (COTA) akhir pekan kemarin. Diakuinya, setiap pembalap tidak bisa mendapatkan keuntungan apapun ketika memotong jalur.

Valentino Rossi telah memulai balapan di Austin dengan cara start yang bagus. Pembalap Yamaha itu mampu menempel kecepatan duo Honda yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa dengan sangat baik. Di tengah upayanya itu dia sempat mendapatkan sedikit gangguan dari Johann Zarco.

Maklum saja, saat itu pembalap Yamaha Tech 3 itu sedang berada dalam kepercayaan diri yang tinggi selama balapan berlangsung. Akibatnya senggolan pun tak terhindarkan ketika Zarco berusaha menyalip Rossi di lap ketujuh atau tepat di tikungan ketiga dengan menusuk agak ke dalam.

Keduanya saling bersenggolan dan Valentino Rossi terpaksa memotong lintasan pada tikungan keempat. Usaha The Doctor memotong jalur itulah yang dianggap Race Direction melanggar aturan balap. Namun demikian, juara dunia sembilan kali itu bisa saja terhindar dari sanksi penalti jika ia mengurangi kecepatan ketika berada di belakang Marquez.

Sayangnya, Valentino Rossi justru memacu kecepatannya dan menempel juara dunia MotoGP. Meski terkena penalti Valentino Rossi sukses berdiri di podium kedua sekaligus mengudeta posisi Vinales di klasemen sementara musim ini.

Berikut adalah pernyataan Mike Webb seperti yang telah dikutip dari Crash, Selasa (25/4/2017).

Pembalap tak bisa mendapatkan keuntungan dengan keluar dari jalur. Apa yang terjadi pada Valentino Rossi jelas menjadikan sebuah keuntungan karena dia bisa menjadi dekat dengan Marc Marquez. Jadi kami mereduksi keuntungan yang didapatnya. Rossi meninggalkan lintasan tanpa sengaja. Dia meninggalkan lintasan karena dipaksa oleh pembalap lain. Bila seorang pebalap dengan sengaja meninggalkan lintasan dan mendapatkan keuntungan, maka penaltinya akan lebih besar.

Dalam kasus ini juga, jelas bukan salah yang di miliki Valentino Rossi hingga ia keluar dari lintasan. Namun jelas pula bahwa ia mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Karena Valentino Rossi mendapatkan sebuah keuntungan dari peristiwa tersebut, maka langkah buat yang tepat adalah mengembalikan keuntungan tersebut. Bila Valentino Rossi tidak langsung menarik gas dan mengembalikan jaraknya bersama Marc Marquez seperti sebelumnya, maka tidak akan ada terjadi penalti. Di akhir perlombaan, Jorge Lorenzo juga telah dipaksa keluar di titik yang sama. Jorge Lorenzo tidak mendapatkan keuntungan dari hal tersebut, jadi tidak ada penalti yang diberikan.“Salam Sport”By (R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *