Wednesday, December 13, 2017
Home > Hot News > AMBULANS MOTOR UNTUK LAYANI PEMUDIK LEBARAN 2017

AMBULANS MOTOR UNTUK LAYANI PEMUDIK LEBARAN 2017

AGEN SBOBET – Menyambut acara mudik dan Lebaran yang segera akan tiba, banyak persiapan yang dilakukan berbagai pemangku kepentingan. Melihat dari kejadian tahun lalu terjadi kemacetan parah di Brebes hingga menimbulkan korban jiwa serta kejadian lainnya, dibutuhkan solusi respon cepat untuk kondisi darurat.

Solusi tersebut hadir dengan ambulans sepeda motor. Diharapkan dengan sepeda motor ini dapat sampai di tempat kejadian dengan lebih cepat.

Dalam sebuah video yang diterima Otomania, Selasa (6/6/2017), sepeda motor ini dipersiapkan Kementrian Kesehatan yang bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melayani pemudik nantinya.

Dalam video tersebut, sepeda motor ambulans yang telah di persiapkan di wilayah Brebes ada lima unit, kemudian ditambahkan 38 unit dari masing-masing Puskesmas. Tambahan 11 unit lagi dari rumah sakit dapat membantu kelancaran mudik tahun ini.

“Fungsi ambulans roda dua adalah sebagai respon cepat pertama, untuk pertolongan pertama sambil menunggu ambulan roda empat datang, untuk mengurangi kecacatan maupun kematian korban. Jadi roda dua fungsinya bukan sebagai alat evakuasi, namun untuk mempercepat respons petugas terhadap korban,” ucap sumber dari Kementrian Kesehatan.

Tidak hanya di jalur pemudik lintas Jawa, ambulans sepeda motor juga disiapkan di berbagai daerah, hingga ke Sumatera. Sesuai dengan konsep otonomi daerah, ambulans motor ini dioperasikan di masing-masing wilayah dengan tenaga kesehatan.

Layanan ambulans motor ini dapat di panggil melalui nomor darurat 119. Ini sebagai bentuk kolaborasi pusat dan daerah dalam layanan darurat di Indonesia.

Ambulans motor ini nantinya juga akan diberi prioritas akses bila dalam keadaan darurat. Termasuk ke dalam tol.

“Ambulans motor memiliki izin akses untuk semua jalan. Termasuk tol tentunya bila dalam keadaan darurat,” ucap Kakorlantas Polri, Royke Lumowa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *